Kisah Alumni

Prominent Santri disebut 29x dalam Thesis Doktoral Ustadz Amin Hadi di Universitas New South Wales, Australia Tahun 2012

[wpcdt-countdown id=”3343″]

Hitungan Mundur Liburan Santri

Artikel ini sudah lama dibuat tidak lama setelah Prominent Generation Yudisium kelulusan tahun 2020. Namun belum sempat diupload dan baru ingat lagi setelah beberapa bulan. Semoga tidak kehilangan moment.

Marhalah Prominent atau Prominent Generation terlahir pada tahun 2020. Mereka adalah generasi ke 94 Gontor sejak berdirinya (694).

Makna Prominent Generation

Dalam bahasa Arab, Prominent diartikan sebagai الجيل البارز (Al Jiil Al Baariz) atau generasi yang unggul.

Makna umum secara bahasa yaitu Generasi yang terkemuka dalam bidang kehidupan, menonjol dalam suatu gerakan, pandai dan ulung dalam melaksanakan pekerjaan, serta memiliki banyak keutamaan.

Secara ideal atau cita-cita, Prominent Generation bermakna suatu harapan agar siswa akhir atau alumni Gontor tahun 2020 ini dapat menjadi generasi yang berjuang pada garda terdepan dalam menjunjung tinggi nilai,  ideologi, sistem, dan program-program Pondok Modern Darussalam  Gontor, serta ulung dalam melaksanakannya. Mampu menjadi generasi terkemuka yang berdiri di depan sebagai teladan bagi umat islam, mundziru-l-qoum.

Pemilihan nama ini mereka landaskan pada ayat Al Quran Surat Al Anbiya ayat 73, yang artinya:

“Dan Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami dan telah Kami wahyukan kepada mereka agar mengerjakan kebajikan, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kamilah mereka selalu menyembah.”

29 kali Disebut dalam Tesis Doktoral tahun 2012

Entah suatu kebetulan atau memang terinspirasi dari sana, kata prominent santri tersebut dan terulang sebanyak 29 kali dalam thesis doktoral seorang kandidat doktor yang sedang menjalani pendidikan tingkat Ph.D di New South Wales University Australia tahun 2012.

Tesis itu berjudul PESANTREN GONTOR: ITS EDUCATIONAL REFORM
AND CONTRIBUTION TO THE CREATION OF
A PROMINENT SANTRI NETWORK.

Dalam abstrak tesisnya dinyatakan bahwa bahwa Pesantren Modern Darussalam Gontor secara signifikan telah melahirkan jaringan prominent Santri di Indonesia. Tesisnya berdasarkan studi yang dilakukan selama periode 2002 hingga 2003 di Gontor pusat sendiri dan di cabang-cabangnya termasuk pesantren-pesantren alumni.

Abstak tesis doktoral Ustadz Hadi Amin

Tentang Ustadz Hadi Amin

Ustadz Amin Hadi adalah warga negara Australia berasal asli dari Indonesia Dr Amin Hadi (New South Wales), sempat menjadi Imam Masjid Zetland di Sydney yang juga anggota AFIC dan medapat gelar PhD di Universitas New South Wales.

Amin Hady adalah pendiri dan Ketua Yayasan Studi dan Informasi Islam (FISI) dan Ketua pertama Dewan Komunitas Indonesia New South Wales. Ia juga Penasihat Keagamaan untuk Federasi Dewan Islam Australia (AFIC) dan anggota Komite Konsultasi Nasional di Pusat Studi Islam Unggul yang berbasis di Universitas Melbourne.

Ia menyelesaikan gelar Sarjana Seni dari Universitas Islam, Madinah, Arab Saudi, Magister Seni dari Universitas Al-Azhar, Kairo dan PhD dari Universitas New South Wales, Sydney, Australia (PhD). Dia telah menghadiri Konferensi Internasional dan berpartisipasi sebagai pembicara termasuk di University of Melbourne, University of New South Wales, di Seoul yang diselenggarakan oleh Universal Peace Federation (UPF) dan di Islamic Cooperation (OIC). 

Ustadz Amin Hadi Ph.D

Dia adalah anggota Dewan Penasihat mantan Perdana Menteri Australia John Howard di Urusan Islam. Dia adalah penerima penghargaan dari Perdana Menteri New South Wales tentang Interfaith and Harmony 2013. Dia adalah Ketua Bersama dari Dialog Nasional Yahudi, Muslim dan Kristen (AND JMC) anggota Australian Partnership of Religious Organisations (APRO).

Berdasarkan informasi dari alumni Gontor lain, Beliau adalah alumni Gontor yang seangkatan dengan Kiai Hasan Sahal yang berasal dari Unggaran, Semarang.

Tesis Doktor Amin Hadi dapat di download pada link di bawah ini.

Masya Allah, santri Gontor memang mendunia

Semoga bermanfaat dan menambah kecintaan kita kepada Pesantren Gontor. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan adblock Anda, karena untuk maintenance web ini kami hanya mendapat dari iklan