Berita Keluarga BesarKisah Alumni

ARGO, Arab Gontor

By: Munif Farid Attamimi

Arab Gontor, Itulah sebutan kami saat nyantri di PMDG, tak sedikit yang menyebut Arab Golat, adapula yang menyebut Arab Goiru…. Tapi kami enjoy aja, mau dipanggil dengan julukan apapun, karna kami beranggapan (ziyadah Goiru Dakwatuhum, Nahnu ziyadah Mashur) semakin kita dipanggil dengan panggilan yang ngak banget oleh semuanya, kita akan semakin terkenal….. Hehehhe

Di tahun 1995 komunitas silaturrohim ini didirikan, di Pondok Modern Darussalam Gontor, sebagai wadah silaturrohim keturunan Arab, guna melestarikan budaya budaya Arab Ala Nusantara

Kami pun selalu tampil di dalam acara Apel Tahunan, Panggung Gembira dengan Khas Marawis, Samar dan berbagai macam budaya Arab dengan cita rasa Indonesia, dan penampilan ARGO di Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy selalu di nanti, walau kami masi jauh dari sempurna.

Gemuruh tawa dan tepuk tangan pun tampak jelas dari atas Tingginya Panggung Pentas, khususnya saat Wan Abud muncul dengan celotelahan bahasa Indonesia berlogat Arab yang Full huruf ‘Ain dan syin…….

Setelah sekian lama kami terpisah karna kesibukan di masing2 daerah di seluruh Indonesia dan di beberapa negara di Saudi, mesir, Australia, Yordan, Malaysia, bahkan Ada yang Menjadi Diplomat di LA.

Qoddarallah saat kami dapat reuni tipis tipis di Surabaya dilanjutkan dengan Tajammuk di Pemandian Air Panas di kaki Gunung Arjuna, sembari menyantap minuman susu sapi asli khas pacet.

Ada Attamimi, Ja’idi, Abdat, BSA, Bahmid, Al-Muhdor, Ba’atwak, Khan, Al-attas, syihab, hilaby, Maricar, syamlan, Al-habsy dls, bahkan adapula yang mendapat Honoris Causa, atau di jadikan Arab Musta’ribah dengan khas Marga ala timur tengah seperti basumbul, bin sungkar, bin hubays, bin Ghasir dll.

Suasana kebersamaan ini tak ingin kandas begitu saja, maka sebagian saudara kami melanjutkan perjalanan ke Gontor, untuk ngendangi pondok, silaturrohim ke para Kiai dan Asatidz dan nostalgia dengan Mbok-e dapur, demi mengobati rindu saltoh rohah, dilanjutkan dengan adventur ke puncak B-29.

Yarab, sebagaimana engkau satukan kami dalam persaudaraan ini, maka satukanlah kami di Jannah Firdausmu…….

Sunan Ampel Surabaya

17 Jan 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan adblock Anda, karena untuk maintenance web ini kami hanya mendapat dari iklan