Kolom Ustadz Oky

Apel Tahunan Dan Maknanya

Oleh: Oky Rachmatulloh

Ini adalah acara Apel Tahunan PM Gontor. Setiap tahun diadakan, setiap tahun dilaksanakan. Seluruh kekuatan Gontor terlibat dan sengaja dilibatkan. Dari kekuatan dunia pendidikannya. Kekuatan Guru-guru. Kekuatan para santri. Kekuatan ekonominya. Kekuatan wakafnya. Kekuatan sarana prasarananya. Demonstrasi kekuatan, kreatifitas, emosi, dan semangat serta ide para santri di kemas sedemikian menarik. Semuanya ditampilkan all out, ditujukan kepada para santri baru, dan seluruh penghuni Darussalam. Tahun ini, seluruh kekuatan itu berpunca pada jumlah 32.000 keluarga besar Darussalam Gontor…Allahu Akbar….

Ini adalah acara intern Gontor. Maka itu sebisa mungkin yang mengisi haruslah kekuatan Gontor itu. Dari mulai PASKIBRAKA, Marching Band, Seni Bela diri, penampilan dari masing-masing konsulat (Ada Reog, Singa Depok, Ondel-Ondel, tari Bali, Tari Dayak dan Sulawesi) hingga parade santri luar negeri. Mau Jelek atau Bagus tidak masalah, karena ini acara Gontor. Bukan acara penyambutan Presiden, bukan acara penyambutan menteri, bukan pula penyambutan tamu khusus. Maka itu tidak perlu mengundang Bupati, tidak perlu mengundang camat atau lurah, tidak perlu mengundang Gubernur apalagi Presiden.Yang menikmati juga para santri dan Guru Gontor. Kalau ada masyarakat luar yang mengikuti diperbolehkan, tapi ya tentu saja sekedar menyaksikan dari luar ring lapangan Gontor. Karena Apel Tahunan memang dari dan Untuk keluarga besar Gontor.

Ini adalah acara kesyukuran. Syukur karena Gontor sudah sekian tahun berjuang waktu demi waktu, dari detik ke detik, meraih satu kemajuan dan kemajuan lainnya, melewati rintangan demi rintangan, menorehkan cerita demi cerita sehingga sampailah sekarang pada moment ini. Kesykuran haruslah diberitakan, kesyukuran haruslah disebar luaskan. Maka ini wujud kesyukuran itu. Santri semakin bertambah, sarana trnasportasi semakin berkembang, wakaf juga semakin tumbuh, unit-unit ekonomi semakin menetas satu demi satu.Kegiatan santri pun demikian juga. Maka inilah kesyukuran itu.Semua ditampilkan, semua di beritakan, semua di hamparkan kepada warga darussalam. Sekali lagi karena inilah kesyukuran itu.

Hal ini juga merupakan UKURAN. Untuk mengukur, sejauh mana kekuatan Gontor itu. Sudah sebesar apa keluarga besar Gontor itu. Seberapa besar kekuatan ekonomin pendukungnya. Seberapa banyak kader-kadernya. Seberapa aktif kegiatan santrinya. Seberapa bagus Marching Bandnya. Semua diukur, semua diperitungkan. Untuk apa?? Untuk menegaskan kembali perjalanan Gontor kedepan. Dengan kekuatan seperti itu, apa saja yang bisa dilakukan Gontor untuk melanjutkan perjuangan…meninggikan Agama Allah….

Related Articles

Ini adalah Apel Tahunan itu…dia bukan sekedar pesan tanpa makna…tapi adalah Tasyakuran sekaligus Ukuran…semoga semangat ini juga bisa diterima oleh para Kyai Alumni yang juga mengadakan hal yang sama….

Notes: Foto ini diambil dari apel tahunan dua/tiga tahun yg lalu atau mungkin lebih. Bukan peristiwa tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan adblock Anda, karena untuk maintenance web ini kami hanya mendapat dari iklan