Uncategorized

Putra Anda Ingin Melanjutkan Studi ke Turki? Tenang, ada 137 Alumni Gontor yang Akan Menemani

Semenjak Turki dipimpin oleh Erdogan, Turki menjelma menjadi salah satu raksasa baru dunia yang menarik perhatian banyak orang. Mulai dari kehidupan ekonominya yang melesat pesat, ghirah kehidupan beragama yang mulai semarak lagi hingga menjadi tujuan pendidikan para orang-orang terdidik.

Tidak ketinggalan para alumni Gontor yang ingin melanjutkan pendidikannya selepas dari Pondok juga sangat banyak.

Ada 137 Alumni Gontor di Turki

Saat ini (saat pelantikan kepengurusan baru IKPM Turki, Februari 2020) ada sekira 137 alumni Gontor yang saat ini tercatat berada di Turki, dan akan bertambah lagi dengan telah selesainya angkatan Guardian (2019) dalam pengabdian wajib setahunnya (Ijazah keluar Ramadhan 2020) atau dari angkatan sebelumnya yang melanjutkan studi kesana.

IKPM Turki

Kepengurusan IKPM luar Negeri biasanya hanya berlangsung satu tahun, mungkin karena disesuaikan dengan kondisi yang merupakan pendatang tidak tetap, dan demikian juga kepengurusan IKPM Turki.

Januari kemarin (26-27 Januari 2020) resmi terbentuk kepengurusan IKPM Turki untuk periode 2020-2021. Acara Muscab sekaligus pemilihan kepengurusan baru diselenggarakan di Aula Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul.

Dalam pertemuan tersebut, enam kandidat calon IKPM Turki periode 2020-2021 ditetapkan.

Ada enam kandidat Ketua IKPM Turki terpilih, yaitu: Bagus Laksono (Alumni 2013, Banyumas), Muhammad Nazeef (2016, Malaysia), Nazlan Hafidz (2013, Medan), Faiq Fazlullah (2016, Ponorogo), Muhammad Guruh Budi Hartono (2017, Purwakarta) dan Septiono (Lampung, 2016),” ungkap M Aldi Subekti, alumnus Pondok Modern Darusalam Gontor kepada GontorNews

Setelah melakukan serangkaian proses pemilihan, Pasangan Septiono dan Bagus Laksono terpilih sebagai Ketua IKPM Turki periode 2020-2021.

Apa Nilai Lebih dengan Adanya IKPM Luar Negeri?

Selain fungsinya utamanya yaitu menjalin ikatan silaturahim kekeluargaan antar alumni dan juga mengikat ikatan bathin antara alumni dan Pondok Modern Darusalam Gontor, keberadaan IKPM luar negeri sangat bermanfaat sekali khususnya bagi alumni Gontor yang baru pertama kali berada di negara tersebut.

Seperti diceritakan Ustadz Syifa yang sekarang kuliah di Fakultas Ekonomi di Universitas Kayseri. Ia kuliah karena dibimbing mulai dari info pendaftaran hingga pengurusan daftar ulang yang dibantu oleh IKPM Turki.

Dan IKPM luar negeri senantiasa menyambut dan melayani jika ada kunjungan Assatidz-assatidz atau pimpinan dari Pondok yang berkunjung ke negara bersangkutan, seperti Kiai Hasan yang berkunjung ke Eropa beberapa waktu lalu.

IKPM luar negeri juga sering mengadakan seminar-seminar dengan mengundang pembicara-pembicara dari Indonesia dan asing, mengadakan acara-acara untuk mengikat kebersaam seperti Summer camp, buka puasa bersama, pengajian-pengajian dan lain-lain.

IKPM sering juga mengadakan kerjasama dengan oraganisasi pelajar Indonesia, bahkan tidak jarang alumni-alumni ini menjadi pengurus bahkan ketua PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) di luar negeri dengan keanggotaan seluruh pelajar asal Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan adblock Anda, karena untuk maintenance web ini kami hanya mendapat dari iklan