Berita AlumniKisah Alumni

Alumni Mantan Koordinator gerakan Pramuka Ini Sudah Menjadi Wakasenat Pasis Sesko AU

Alumni ini lulus tahun 2001, pengabdian wajib satu tahun, kemudian 2002 sudah masuk AKMIL AU. Dalam 16 tahun pangkatnya sudah menjadi Mayor Penerbang TNI AU. Masya Allah!

Beliaulah Ustadz Rachmad Syahputra. Penggemar basket dan menjadi anggota salah satu klub Bola Basket di Gontor. Beliau juga aktif di kepramukaan sehingga diangkat sebagai Koordinator Gerakan Pramuka.

Wisuda AAU (Akademi Angkatan Udara) 2006

Empat tahun digembleng di AKMIL, Akademi Angkatan Udara, Ustadz Rachmad Syahputra bersama 928 taruna lain dari 3 angkatan dan kepolisian pada tahun 2006 dilantik langsung oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono, dan langsung menjadi perwira muda/pertama dengan pangkat Letda (Letnan Dua).

Di situs TNI AU, Letnan Dua Rachmad Syahputra berada di nomor urut 107 dari semua lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 2006.

Berkualifikasi Pilot VVIP

Pada bulan Februari 2015, bertempat di Lanud Halim Perdana Kusuma, Ustadz Rachmad Syahputra yang saat itu sudah menyandang pangkat Kapten, disematkan Kencana Number.

Kencana Number merupakan bentuk penghargaan untuk menyandang nomor urut sebagai penerbang pesawat angkut VVIP TNI AU, dikarenakan kemampuan Kapten Pilot bersangkutan yang telah mampu melalui tahapan sebelumnya.

Penyematan Kencana Number di Lanud Halim Perdana Kusumah

Perolehan Kencana Number bagi penerbang di TNI AU melewati pentahapan dan tentunya tidak mudah. Dibutuhkan kemampuan, intelektualitas, dedikasi, loyalitas tinggi, dan keterampilan tersendiri.

Tugas pertama Kapten Pnb Rachmad Syaputra setelah menerima Kencana Number adalah menjadi pilot dalam evakuasi WNI di Yaman. Dalam tugas ini beliau berduet dengan seniornya di Gontor (M.Fadli) yang meniti karir menjadi Diplomat di Kemenlu.

Lulusan Terbaik Suspa FSO Angkatan ke-23.

Pada bulan Juli 2015 juga, Kapten Pnb. Rachmad Syahputra menjadi lulusan terbaik Suspa FSO Angkatan 23 yang saat itu menjabat Pa Pnb Gol. VII (Perwira Penerbang Golongan 7) Skadud 17 Lanud Halim Perdanakusuma.

Pendidikan di Skadik 502

Suspa FSO adalah singkatan dari Kursus Perwira Flight Security Officer.

Pendidikan Suspa Flight Security Officer (FSO) ditempuh dengan tidak mudah karena lulusan dituntut memiliki kompetensi yang “tidak biasa” dengan kompetensi lulusan, dimana setelah lulus para siswa memiliki pengetahuan dan teori Intelijen, pengamanan VVIP, prosedur dalam pengamanan penebangan VVIP, hukum udara dan memiliki budaya safety  dan security sesuai ketentuan.

Menjadi Wakasenat Pasis Sesko AU

Pada bulan Juni 2020, Ustadz Rachmad Saputra yang sudah menjadi Mayor Penerbang memberikan plakat dan cinderamata yang pertama dari lembaga Sesko AU dilanjutkan dari Pasis Sesko AU A-57 yang diserahkan kepada Marsekal Muda TNI Ir. Tri Bowo Budi S., M.M., M.Tr. (Han) selaku Pangkoopsau I.

Mayor Pnb. Rachmad Syahputra memberikan plakat itu dalam posisinya sebagai Wakasenat Pasis Sesko AU (Wakil Kepala Senat Pasukan Inti Siswa Sekolah Staf Komando Angkatan Udara).

Mayor Penerbang Rachmad Syahputra setelah memaparkan naskah Rentinkon KoopsAu

Pada tanggal 25 Juni tahun ini juga Mayor Pnb Rahmat Syahputra sebagai perwakilan Pasis Seskoau A-57 memaparkan hasil penyusunan naskah Rentinkon Koopsau I di hadapan Pangkoopsau I Marsda TNI Ir. Tri Bowo Budi S., M.M., M.Tr.(Han), dan Kakordos (Kepala Koordinator Dosen) Kolonel Tek Agus Rudi Supriyadi, pejabat Koopsau I, para perwira pembimbing serta Pasis Seskoau A-57 di Gedung Roesmin Nurjadin.

…o0O0o…

Pondok Modern Gontor memang unik sebagai lembaga pendidikan berbasis pesantren namun dengan varian profesi alumninya yang lintas batas.

Selain yang umumnya berkecimpung dalam dunia da’wah dan pendidikan Islam, alumni yang berkarir diluar itu juga sangat banyak mulai dari yang berkarir di militer atau kepolisian, pilot, dokter, teknik, pengusaha, politikus hingga pejabat pemerintahan. Barokallah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan adblock Anda, karena untuk maintenance web ini kami hanya mendapat dari iklan