Hanya di GontorInspirasi dan Motivasi

Jejak Cinta Tanah Air Di Gontor (1): Sedikit Yang Tau bahwa Setiap Angkatan Wajib Membuat Lagu Cinta Tanah Air

Serial Menyambut Peringatan Kemerdekaan Repubik Indonesia

Setiap menjelang peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus, tema-tema cinta tanah air tiba-tiba menjadi trend. Berbagai perhelatan dibuat dengan atas nama Cinta Tanah Air, mulai dari mengecat pagar dengan merah putih, karnaval kendaraan hias dan pakaian daerah, pagelaran musik dan lain-lain yang sebenarnya sangat sedikit berefek menimbulkan kecintaan terhadap tanah air.

Lalu bagaimana dengan pesantren, yang dianggap bukan “institusi yang memproduksi rasa nasionalis” melainkan “hanya cinta agama” dalam menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air?

Walau sudah memberikan bukti dan andil bagi perjuangan berdirinya republik ini, pesantren masih sering dianggap sebelah mata dalam hal ini. Padahal kalau yang memandang skeptis itu mau jujur dan menilai secara adil, justru pesantrennya pabrik sesungguhnya rasa nasionalisme.

Pesantren tidak menghasilkan hanya “ritual nasionalisme yang semu’ yang ketika ritual itu selesai maka selesai juga rasa nasionalismenya. Tapi lebih dalam yaitu menghasilkan jiwa-jiwa yang bertekad memajukan bangsa, negara dan agamanya dengan karakter positif, etos kerja, dan karya nyata.

Kiai Hasan (Semoga Allah senantiasa menjaganya) sering berkata;

“Kalau ingin tahu tentang nasionalisme, jangan datang ke sekolah-sekolah umum, tapi datanglah ke pesantren, datanglah ke Gontor!”

Masya Allah…

Menyambut peringatan hari kemerdekaan, walsantornews.com akan memuat beberapa jejak cinta tanah air yang akan dibuat berseri yang sedikit banyak menggambarkan bagaimana Gontor mendidik santri-santrinya untuk cinta negerinya, membentuk karakter yang akan membangun bangsa dan bukan menjadi beban bagi negara.

Tidak semua bisa dirangkum walsantornews.com karena keterbatasan sumber, namun berikut ini beberapa di antaranya:

Lagu “Kebangsaan” Setiap Angkatan

Walisantri atau khalayak di luar pondok sedikit yang mengetahui dan menyadari bahwa setiap angkatan atau marhalah di Gontor wajib membuat lagu yang dapat membangkitkan rasa cinta terhadap tanah air.

Lagu-lagu itu harus berisi ungkapan kekaguman akan tanah air, alamnya, budayanya dan lain-lain. Dan biasanya lagu-lagu ini disajikan dengan video klip yang menampilkan keindahan alam Indonesia dan tidak sedikit disertai beberapa unsur kedaerahan seperti alat musik atau langgam-langgam daerah.

Dan setiap angkatan memiliki lagu kebangsaan ini minimal satu lagu.

Lagu Kebangsaan Diliput Stasiun TV

Setiap angkatan di Gontor pasti memiliki talenta-talenta musik yang tidak kalah dengan sekolah umum di luar. Bahkan justru di Gontor, talenta ini bisa berkembang dengan lebih baik karena Gontor memfasilitasinya dengan banyak kegiatan yang berhubungan dengan seni musik ini.

Tapi perlu digarisbawahi bahwa kegiatan bermusik ini bukan untuk musik an sich, bukan untuk musik itu sendiri namun lebih merupakan pendidikan kreatifitas, daya kreasi, kerjasama, sikap kompetisi dan beberapa unsur pendidikan lain.

Oleh sebab itu, setiap angkatan pasti berusaha menghasil suatu karya yang diusahakan lebih baik dari angkatan sebelumnya atau setidaknya tidak menghasilkan karya yang asal-asalan melainkan dengan konsep yang jelas.

Beberapa karya “lagu kebangsaan” ini sempat memikat stasiun TV yang kemudian meliputnya dalam sebuah acara infotainment. Sumber walsantornews.com lupa lagu apa tepatnya, namun jika diperhatikan dan disimak, karya-karya angkatan ini memang sangat indah, apik dan mempunyai makna yang dalam.

Berikut beberapa “lagu Kebangsaan” Beberapa Angkatan

Ingin melihat bagaimana apik dan bermaknanya karya-karya santri-santri Gontor yang sebenarnya hanyalah seusia anak-anak SMP-SMA di luar sana. Dan ini hanya beberapa dari ratusan karya santri-santri Gontor

Angkatan The Prestigious
Angkatan Identity
Angkatan Survival
Angkatan Inspiring
Angkatan Guardian

Tidak diketahui apakah sekolah lain membuat hal yang sama atau bisa jadi lebih baik, tapi inilah salah satu karya santri Gontor dalam mengungkapkan kebanggaan menjadi bagian dari Indonesia yang telah Allah anugerahkan bagi mereka.

Nantikan tulisan selanjutnya tentang Jejak Cinta Tanah Air di Gontor

Catatan: Masih banyak karya lain yang belum sempat di masukkan. Silahkan sisipkan video di kolom komen bagi siapapun yang mengetahui lagu-lagu angkatan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan adblock Anda, karena untuk maintenance web ini kami hanya mendapat dari iklan