Berita MediaHanya di Gontor

Ustaz Abdul Somad Jelaskan soal Catur dan Dadu Haram di Ponpes Gontor

VIVA – Pernyataan Ustaz Abdul Somad atau UAS soal catur dan main dadu haram menuai pro dan kontra. Ia pun dalam beberapa kesempatan telah memberikan penjelasan. Kali ini, UAS memberi penjelasan di Pondok Persantren (Ponpes) Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

Hal ini terlihat dari unggahan Twitter mantan Ketua DPR Marzuki Alie, @marzukialie_MA, yang menyebut bahwa Ustaz Abdul Somad mengatakan di depan Pimpinan Pondok Pessantren Gontor, KH Hasan Abdullah Sahal.

Di Ponpes Gontor, Ustad Abdul Somad memberikan penjelasan ttg Catur yg Haram. Penjelasan UAS ini langsung di depan KH Hasan Abdullah Sahal, Pimp Ponpes Gontor. Silahkan disimak supaya @Kemenag_RI tidak salah dalam menyikapi ceramah @ustadabdulsomad,” kata Marzuki dikutip Minggu, 24 November 2019.

Berikut poin penjelasan UAS yang diunggah Marzuki Alie:

Sekarang ini memang luar biasa, kadang video kita, itu Abdul Somad mengharamkan catur. La ilaha illallah. Itu kan ceritanya 2017, dua tahun lalu ada yang bertanya bagaimana pak ustaz? Suami saya main catur sampai enggak mencari nafkah, sampai enggak salat.

Maka menurut Imam Hanafi kalau didalamnya ada unsur judi, melalalikan salat maka jatuhnya haram, kalau Syafi’i makruh saja. Ustaz kok hafal? Orang itu-itu terus yang disampaikan,

Tapi kok ada orang yang bukan gagal paham, kalau ada orang gagal paham kita kasih paham kita kasih paham, ada orang yang cari makan, ditulis, dipotong, diobrak abrik untuk menambah viral,” kata Ustaz Abdul Somad atau UAS, menjelaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan adblock Anda, karena untuk maintenance web ini kami hanya mendapat dari iklan