Berita AlumniHanya di GontorKisah Alumni

Nama-nama Marhalah dan Kemegahan PG Mereka

Gontor memiliki istilah sendiri yang menunjukkan angkatan kelulusan. Angkatan kelulusan ini disebut dengan Marhalah. Masing-masing marhalah memiliki brand identitas tersendiri. Tidak pernah marhalah memiliki identitas yang sama. Pencarian identitas masing-masing marhalah itu di godok dan dirumuskan oleh santri-santri kelas 6 dengan musrif (Ustadz pembimbing Marhalah) kemudian ditawarkan kepada Kiai untuk dipilih. Nama marhalah bukan hanya sekedar nama, tapi mesti memiliki makna filosofis tersendiri. Nama marhalah mestilah memberikan kebanggaan bagi alumni-alumninya. Itu semacam pemersatu setiap angkatan.

Ada kompetisi pada setiap marhalah. Pastinya kompetisi menjadi yang terbaik. Selalu ada diupayakan inovasi baru bagi setiap kelahiran marhalah. Yang paling menonjol dalam kompetisi ini yaitu mempersembahkan ajang seni dan kreatifitas angkatan yang disebut dengan Panggung Gembira.

Panggung Gembira Gontor sudah mendunia. Sebuah perhelatan ajang seni dan kreatifitas dengan tata panggung dan konsep yang super kreatif dan inovatif yang dibuat oleh anak-anak seusia 16-18 tahun (anak-anak yang baru selesai kelas 5 dan baru masuk ke kelas 6).

Panggung gembira gontor merupakan acara yang paling dinantikan oleh seluruh santri dan keluarga besar Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor (PMDG). Acara yang hanya berlangsung beberapa jam ini dapat menyita perhatian para penonton. Bahkan bukan hanya saja santri, wali santri dan para tamu undangan yang dibuat tercengang, seluruh dunia pun bisa dibuat tercengang.

Bagaimana tidak, anak setingkat SMA kelas 3 (tiga) dapat membuat acara yang sangat dahsyat dan spektakuler. Sampai-sampai ketika orang luar negeri tahu bahwa ini adalah karya anak remaja yang baru berusia rata-rata 16-18 tahun, mereka tercengang sambil berkata “kok bisa?”

Berikut ini beberapa acara panggung gembira gontor terdahsyat dan terspektakuler dari tahun ke tahun. Tulisan ini dibuat dua bagian (baca juga bagian dua di sini)

1. Panggung Gembira Maziero Razienera

Maziero Razienera adalah nama marhalah 2007, alumni Pondok Modern Darussalam Gontor angkatan ke-81. Biasa juga dikenal 681 atau 62007. Walau terdengar sangat asing, nama tersebut memiliki makna yang sangat dalam.

Maziero Razienera tersebut bermakna marhalah pertama yang lahir di awal usia 80 tahun kedua Pondok Modern Darussalam Gontor; memiliki jalinan persaudaraan dengan memperjuangkan misi ‘khairul ummah’ atau menjadi umat terbaik, demi menegakkan syariat Allah dan menjadi rahmat bagi seluruh alam. (maziero681.com)

 2. Panggung Gembira Forza Vilhadervia

Forza Vilhadervia yang artinya “kami para siswa akhir KMI 2008 ketika telah lulus membawa misi bersama yaitu mewarnai dunia. Dengan peradaban Gontor kami warnai dunia.”

Panggung Gembira 682 diadakan di Pondok Gontor pada tanggal 6 desember 2007. Acara ini berlangsung amat meriah. PG pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada halhal yang baru misalnya: symphony 682, Candi (Canda Islami) yang diselingi dengan film nagabonar jadi 2, Tari Nusantara yang tidak terputus, Tari Aceh Terpanjang, dan lain sebagainya. (blackforza2008.blogspot.co.id)

3. Panggung Gembira Paragon Generation

Paragon Generation adalah nama marhalah siswa akhir KMI 2009. Sesuai dengan namanya paragon yang artinya suri teladan, oleh karena itu diharapkan dapat menjadi suri teladan yang baik ditengah-tengah merosotnya moral dan akhlak.

Panggung gembira paragon generation sungguh mempesona dengan background panggung yang berwarna hijau dan taman basatin yang indah, membuat suasana panggung terasa natural.

4. Panggung Gembira Prime Generation

Prime Generation adalah nama marhalah siswa akhir KMI 2010. Nama ini diberikan oleh KH, Hasan Abdullah Sahal (pimpinan/pengasuh PMDG) kepada siswa akhir KMI 2010, yakni Prime Generation.

Secara harfiah, Prime berarti prima. Prima Berarti Sempurna, mumtaz, excellent. Prima berarti bisa menjadi qudwah. Prima berarti baik, benar dan menjadi panutan. Menjadikan sebuah harapan besar yang diembankan diatas pundak para alumni 2010 kelak, agar menjadi alumni yang benar-benar prima, untuk menelurkan kader-kader ummat yang berjuang demi kejayaan bangsa. (generasiprima.blogspot.co.id)

Panggung gembira marhalah ini memiliki banyak gebrakan-gebrakan baru, terutama dari desain panggung. Penampilan panggung gembira yang outdoor dibuat seakan-akan indoor. Maka tidak heran kalau panggung gembira 684 ini banyak membutuhkan triplek dan biaya yang cukup “wow”. Meski demikian penampilan yang disuguhkan membuat penonton takjub hingga menimbulkan efek “wow”.

Bersambung – Panggung Gembira Idealist Leaders Generation

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan adblock Anda, karena untuk maintenance web ini kami hanya mendapat dari iklan