Hanya di GontorKisah Alumni

Marhalah dan Kemegahan PG Masing-masing Marhalah (Bag. 2)

Gontor memiliki istilah sendiri yang menunjukkan angkatan kelulusan. Angkatan kelulusan ini disebut dengan Marhalah. Masing-masing marhalah memiliki brand identitas tersendiri. Tidak pernah marhalah memiliki identitas yang sama. Pencarian identitas masing-masing marhalah itu di godok dan dirumuskan oleh santri-santri kelas 6 dengan musrif (Ustadz pembimbing Marhalah) kemudian ditawarkan kepada Kiai untuk dipilih. Nama marhalah bukan hanya sekedar nama, tapi mesti memiliki makna filosofis tersendiri. Nama marhalah mestilah memberikan kebanggaan bagi alumni-alumninya. Itu semacam pemersatu setiap angkatan.

Ada kompetisi pada setiap marhalah. Pastinya kompetisi menjadi yang terbaik. Selalu ada diupayakan inovasi baru bagi setiap kelahiran marhalah. Yang paling menonjol dalam kompetisi ini yaitu mempersembahkan ajang seni dan kreatifitas angkatan yang disebut dengan Panggung Gembira.

Panggung Gembira Gontor sudah mendunia. Sebuah perhelatan ajang seni dan kreatifitas dengan tata panggung dan konsep yang super kreatif dan inovatif yang dibuat oleh anak-anak seusia 16-18 tahun (anak-anak yang baru selesai kelas 5 dan baru masuk ke kelas 6).

Panggung gembira gontor merupakan acara yang paling dinantikan oleh seluruh santri dan keluarga besar Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor (PMDG). Acara yang hanya berlangsung beberapa jam ini dapat menyita perhatian para penonton. Bahkan bukan hanya saja santri, wali santri dan para tamu undangan yang dibuat tercengang, seluruh dunia pun bisa dibuat tercengang.

Bagaimana tidak, anak setingkat SMA kelas 3 (tiga) dapat membuat acara yang sangat dahsyat dan spektakuler. Sampai-sampai ketika orang luar negeri tahu bahwa ini adalah karya anak remaja yang baru berusia rata-rata 16-18 tahun, mereka tercengang sambil berkata “kok bisa?”

Berikut ini beberapa acara panggung gembira gontor terdahsyat dan terspektakuler dari tahun ke tahun. Tulisan ini dibuat dua bagian (baca juga bagian dua di sini)

5. Panggung Gembira Idealist Leaders Generation

Idealist Leaders Generation adalah nama marhalah dari santri Pondok Modern Darussalam Gontor alumni tahun 2011 di umur Pondok yang ke-85 tahun.

Idealist Leaders adalah penggabungan dari 2 kata yaitu Idealist dan Leaders. Idealist sendiri diambil artinya ideal. Sedangkan Leaders artinya pemimpin, artinya adalah diharapkan Generasi ini akan mencetak pemimpin yang ideal yang mempunyai kriteria kreatif, berkualitas, semangat, ukhuwah di segala aspek dan tempat yang mereka pijaki. (idealistleaders685.wordpress.com)

 

6. Panggung Gembira Pioneer Generation

Pioneer Generation adalah identitas sebuah marhalah ini sendiri. Dengan adanya nama marhalah ini, alumni KMI tahun 2012 dapat dengan bangganya membawa identitas mereka sebagai alumni seusai menamatkan pendidikan mereka dari Kampung Damai.

Dan Pioneer Generation sendiri mengandung makna sang pelopor, perintis dan pencetus. Dengan harapan marhalah ini menjadi generasi yang mempelopori peradaban dunia dengan semua dinamika pergerakannya, menjadi pelopor hal-hal yang bisa dijadikan teladan bagi generasi selanjutnya. (pioneer686web.blogspot.co.id)

 

7. Panggung Gembira Dynamic Generation

Dynamic Generation adalah nama marhalah siswa akhir KMI 2013. Sesuai dengan namanya dynamic yang artinya dinamis, oleh karena itu diharapkan dapat menjadi penggerak yang mampu menggerakkan umat menuju khoirul ummah

Panggung Gembira 687 yang diselenggarakan pada 18 Oktober 2012 ini mampu menyita perhatian para penonton dengan penampilan-penampilannya yang spektakuler.

8. Panggung Gembira Smart Generation

Smart Generation adalah nama marhalah siswa akhir KMI 2014. Smart bukan berarti cerdas saja. Kata “smart” identik dengan kata pujian bagi mereka yang berhasil dan meraih prestasi, baik akademis maupun non-akademis. Karena sifat kuat, sabar, tabah dan tegak merupakan kunci utama dalam meraih prestasi dan dari prestasi itulah akan lahir Smart! (kwsepuluh.blogspot.co.id)

 Selanjutnya: 9. Panggung Gembira Prestigious Generation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan adblock Anda, karena untuk maintenance web ini kami hanya mendapat dari iklan