Tokoh IslamWawasan Islam

Tokoh Islam: Ibnu Sina, Peletak Dasar Ilmu Kedokteran

Ibnu Sina bernama lengkap Abū ‘Alī al-Husayn bin ‘Abdullāh bin Sīnā. Ibnu Sina lahir pada tahun 370 H (980 M) di Afsyahnah, daerah dekat Bukhara (sekarang wilayah Uzbekistan). Ia berasal dari keluarga bermadzhab Ismailiyah sudah akrab dengan pembahasan ilmiah terutama yang disampaikan oleh ayahnya. Orang tuanya adalah seorang pegawai tinggi pada pemerintahan Dinasti Saman. Beliau dibesarkan dan mempelajari falsafah serta ilmu-ilmu agama Islam di Bukharaja.

Saat berusia 10 tahun Ibnu Sina kecil banyak mempelajari ilmu agama Islam dan berhasil menghafal Al-Qur’an. Abu Abdellah Natili membimbingnya dalam ilmu logika kemudian ilmu tersebut digunakan untuk mempelajari buku Isagoge dan ProphyryEucliddan Al-Magest Ptolemus. Setelah itu dilanjutkan mendalami ilmu agama dan Metafisika Plato dan Arsitoteles. Sebagai seorang remaja, Ibnu Sina sangat bingung dengan teori Metafisika Aristoteles, dan tidak bisa dimengerti sampai akhirnya membaca komentar Al-Farabi pada Aristoteles di Agradhu kitab ma waraet thabie’ah li li.
Setelah berhasil mendalami ilmu-ilmu alam dan ketuhanan, Ibnu Sina merasa tertarik untuk mempelajari ilmu kedokteran. Beliau kemudian mempelajari ilmu kedokteran pada Isa bin Yahya.

Meskipun secara teori Ibnu Sina belum matang, tetapi telah banyak melakukan keberhasilan dalam mengobati orang-orang sakit. Pada suatu ketika saat Amir Nuh Bin Nasr sedang menderita sakit keras dan mendengar tentang kehebatan yang dimiliki oleh Ibnu Sina. Akhirnya Ibnu Sina diminta datang ke Istana untuk mengobati Amir Nuh Bin Nasr sampai kesehatannya pulih kembali. Sejak saat itu, Ibnu Sina menjadi akrab dengan Amir Nuh Bin Nasr yang mempunyai sebuah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku yang sangat lengkap di daerah itu. Hal ini membuat Ibnu Sina mendapat akses untuk mengunjungi perpustakaan istana yang terlengkap yaitu Kutub Khana. Berkat perpustakaan tersebut, Ibnu Sina mendapatkan banyak ilmu pengetahuan untuk bahan-bahan penemuannya.

Pada saat berusia 22 tahun, Ayah Ibnu Sina meninggal dunia. Pemerintahan Samanid menuju keruntuhan. Masalah yang terjadi dalam pemerintahan tersebut akhirnya membuatnya harus meninggalkan Bukhara. Pertama beliau pindah ke Gurganj, dan menetap selama 10 tahun di Gurganj. Kemudian pindah dari Gurganj ke Nasa, kemudian pindah lagi ke Baward, dan terus berpindah-pindah tempat untuk mempelajari ilmu baru dan mengamalkannya.

Karya yang ditulis oleh Ibnu Sina diperkiranan antara 100 sampai 250 buah judul. Karya-karya Ibnu Sina yang terkenal dalam Filsafat adalah As-ShifaAn-Najat, dan Al-Isyarat. Karyanya yang terkenal dalam bidang kedokteran adalah Al-Qanun. Selain itu, ia banyak menulis karangan-karangan pendek yang dinamakan Maqallah. Beberapa Karyanya antara lain:

  1. Al-Qanun fi Thib(aturan pengobatan)
  2. Asy Syifa(terdiri dari 18 jilid berisi tentang berbagai macam ilmu pengetahuan)
  3. Al-Inshaf (buku tentang keadilan sejati)
  4. An-Najah (buku tentang kebahagiaan Jiwa)
  5. Al-Musiqa (Buku tentang musik)

Selain karya filsafatnya tersebut, Ibnu Sina meninggalkan sejumlah esai dan syair. Beberapa esainya yang terkenal adalah:

  1. Hayy ibn Yaqzhan
  2. Risalah Ath-Thair
  3. Risalah fi Sirr Al-Qadar
  4. Risalah fi Al- ‘Isyq
  5. Tahshil As-Sa’adah

Beberapa karya puisinya yaitu:

  1. Al-Urjuzah fi Ath-Thibb
  2. Al-Qasidah Al-Muzdawiyyah
  3. Al-Qasidah Al- ‘Ainiyyah

Dalam sejarah pemikiran filsafat abad pertengahan, sosok Ibnu Sina memperoleh penghargaan yang tinggi hingga masa modern ini. Beliau adalah satu-satunya filsafat besar Islam yang telah berhasil membangun sistem filsafat yang lengkap dan terperinci, suatu sistem yang telah mendominasi tradisi filsafat muslim beberapa abad. Kehidupan Ibnu Sina dihabiskan untuk urusan negara dan menulis. Pada usia 58 tahun (428 H/1037 M) Ibnu Sina meninggal dan dikuburkan di Hamazan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan adblock Anda, karena untuk maintenance web ini kami hanya mendapat dari iklan