Kolom Ustadz OkySejarah

Ustadz Oky: Tarbiyatul Athfal: Cikal Bakal Pesantren Gontor

KH Ahmad Sahal (peci putih) dan KH Imam Zarkasyi (Peci Hitam) beserta guru-guru Madarasah tarbiyatul Athfal. Nampak tanda bintang di depan KH Ahamd Sahal sebagai sebuah lambang dari organisasi kepanduan yang beliau ikuti, yaitu BINTANG ISLAM.

Ada cerita menarik dibalik Pandu Bintang Islam ini dan pendirian Gontor. Yaitu pada tahun 1926, di muktamar umat Islam di Surabaya. KH Ahmad Sahal bertemu dengan KH Wahab Hasbulllah.

Pada pertemuan itulah, KH Ahmad Sahal yang sudah punya organisasi (Bintang Islam) tapi belum punya pesantren, bertukar pendapat dengan KH Wahab Hasbullah yang sudah pesantren tapi belum punya organisasi.

Setelah berdiskusi panjang lebar tentang pergerakan Islam, keduanya menyadari pentingnya membentuk sebuah Organisasi berbasis pesantren sebagai lembaga pengakderan umat.

Maka itu, ketika Muktamar selesai, KH Ahmad Sahal pulang dan kemudian mendirikan Tarbiyatul Athfal sebagai cikal bakal pesantren Gontor (karena beliau sudah punya organisasi) dan KH Wahab Hasbullah pulang dan akhirnya mendirikan NU sebagai Jam’iyyah berbasis pesantren (karena beliau belum punya Organisasi). Maka Tahun berdirinya NU dan Tarbiyatul Athfal di Gontor itu sama : 1926.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan adblock Anda, karena untuk maintenance web ini kami hanya mendapat dari iklan