Hanya di GontorKabar PondokSerba-Serbi

Mahalnya Hari Jum’at di Gontor

Berbeda dengan sekolah pada umumnya, hari Jum’at adalah hari libur di Pondok Modern Darussalam Gontor. Hari libur, sebagaimana gaya hidup di Gontor, bukan berarti kekosongan penuh, melainkan hari yang penuh dengan dinamika.

Perlombaan, show, expo-selain Expo 1 Muharram, acara inaugurasi di klub-klub, mayoritas dilakukan pada hari Jum’at pagi hari. Setelah shalat Jum’at dilaksanakan, biasanya acara akan dilanjutkan.
Setelah isya’, dalam sebulannya akan diadakan perkumpulan konsulat pada minggu pertama tau’iyyah diniyyah oleh asatidz pada minggu kedua dan keempat, kemudian perkumpulan klub pada minggu ketiga.

Tak jarang, santri yang memiliki lebih dari satu klub harus memenej waktunya agar dapat berkumpul di beberapa tempat yang berbeda.

Pada pukul 21.00, semua santri diwajibkan untuk istirahat. ‘Tidur wajib’, itulah istilah yang digunakan para santri untuk menyebutnya. Secara bertahap, kondisi Pondok menjadi sepi dan tenang, setelah melewati hari Jum’at yang melelahkan. Keesokan harinya, para santri kembali melewati satu pekan penuh kegiatan, dan kembali menemukan Jum’at sebagai penghujung pekan yang berharga dan mahal bagi mereka. Wallahu a’lam. (Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan adblock Anda, karena untuk maintenance web ini kami hanya mendapat dari iklan