Hanya di GontorKabar PondokSerba-Serbi

13 Kegiatan Ekstrakulikuler di Gontor

Santri seringkali diidentikan dengan kegiatan mengaji dan belajar saja, hal itu 100% salah. Apalagi jika notabenenya dihubungkan dengan Pondok Modern Darussalam Gontor. Puluhan kegiatan ekstrakulikuler tersedia, tergantung minat santri, mau tau apa aja ?

1. Jamiyyatul Qurra dan Tahfidz Al-Qur’an : jamiyyatul qurra merupakan perkumpulan para qori-qori yang mana para santri dididik agar dapat melantunkan ayat-ayat dengan fasih, benar dan merdu. Selain itu santri juga diajarkan untuk menghafalkan bait-bait sholawat. Tahfifz Al-qur’an merupakan program unggulan yang dimiliki gontor saat ini

2. Diskusi dan kajian ilmiah : merupakan aktvitas yang diadakan untuk melatih intelektualitas santri. Kegiatan ini dilakukan setiap hari setelah maghrib demi terasahnya kemampuan santri dalam berpikir kritis serta dapat menyampaikan aspirasinya dengan baik. Mulai dari isu islam, isu kontemporer hingga isu teknologi, diharapkan dengan adanya kegiatan ini wawasan keilmuan semakin luas. Organisasi ini dikenal dengan nama ITQAN & FP2WS

3. Pelatihan organisasi : organisasi adalah hal pokok selain pelajaran yang dipelajari di gontor. Pelatihan organisasi di gontor didapat santri minimal setelah meninggalkan fase adaptasi santri baru yaitu selama satu tahun. Oleh karenanya santri gontor sangat terbiasa dengan organisasi dan selalu menjadi pemimpin dalam setiap organisasi yang diikutinya.

4. Gerakan pramuka merupakan kegiatan wajib di gontor dan dilakukan seminggu sekali yaitu pada hari kamis siang. Diwajibkan kegiatan pramuka ini dikarenakan dalam berpramuka diajarkan kepemimpinan, kedisiplinan, kreatifitas, kasih sayang sesama manusia, ketaatan serta masih banyak lainnya yang diajarkan di pramuka ini. Prestasi pramuka gontor tidak hanya dalam negeri saja, bahkan tercatat Indonesia beberapa kali mengirimkan perwakilan untuk mengikuti pesta pramuka sedunia dan gontor ditunjuk untuk menghadiri acara ini.

5. Marching Band Tidak berbeda jauh dengan gerakan pramukanya, marching band pun memiliki prestasi yang tidak kalah. Marching band gontor telah beberapa kali dipilih untuk tampil di istana negara dan telah menjuarai berbagai event baik tingkat provinsi maupun nasional. Dengan mengusung lagu-lagu Gontor yang berasakan Islam. Marching Band Gema Nada Darussalam ingin menyampaikan dakwah melalui lagu.

6. Program peningkatan bahasa diantaranya adalah penyampaian kosa kata Bahasa Arab dan Inggris setiap pagi, percakapan berbahasa arab maupun Inggris dua kali sepekan, perlombaan pidato, drama dan cerdas cermat dalam bahasa Arab dan Inggris.

7. Public speaking dengan menggunakan tiga bahasa: Indonesia, Inggris dan Arab. Public speaking adalah latihan berbicara di depan umum. Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan wajib di gontor dimana diadakannya kegiatan ini untuk melatih mental santri-santri ketika berbicara di depan umum. Penggunaan tiga bahasa Inggris, Arab dan Indonesia diharapkan dapat membiasakan santri untuk menghadapi bukan hanya masyarakat Indonesia saja bahkan masyarakat Internasional. Oleh karenanya untuk mendidik jiwa-jiwa kepemimpinan para santri, kegiatan ini rutin dilakukan setiap minggu tiga kali; hari ahad malam menggunakan bahasa Inggris, hari kamis pagi menggunakan bahasa Arab dan kamis malam menggunakan bahasa Indonesia.

8. Kursus keterampilan dan kesenian : kaligrafi, melukis, mengetik, komputer, elektronika, membuat sirup dan roti. Dalam kegiatan ini, santri diasah keterampilan dan bakat seninya. Kegiatan ini dapat langsung diikuti santri sejak awal masuk gontor. Dengan adanya kegiatan ini santri tidak hanya dapat mengkaji kitab saja tapi mempunyai bakat dalam seni dan keterampilan.

9. Teater juga diantara kegiatan ekstrakulikuler yang banyak diminati, kegiatan ini banyak diisi dengan diskusi sastra, puisi, latihan drama, muski hingga pantomime. Bertujuan untuk mensyiarkan islam dan Gontor dengan kegiatan seni.

10. Olahraga : lari pagi, sepak bola, bola basket, bola takraw, tenis meja, bulu tangkis, bola voli, bela diri, senam, futsal bahkan parkour. Adanya kegiatan ini bukan hanya sekedar untuk menyalurkan hobi santri tapi lebih kepada kebugaran dan kesehatan fisik santri. Sebagaimana pepatah “akal yang sehat tedapat pada badan yang sehat” maka akal yang sehat tidak akan terbentuk tanpa adanya badan yang sehat.

11. Penerbitan buletin dan majalah dinding : penerbitan buletin dan majalah dinding merupakan kegiatan untuk melatih kemampuan menulis santri. Disini santri dituntut untuk menghasilkan karya tulis yang akan dijadikan buletin mingguan dan mejalah dinding mingguan. kegiatan ini biasanya menjadi ajang perlombaan bagi tiap-tiap asrama untuk menghasilkan mading terbaik mingguan.

12. Jurnalis, kegiatan ini tergabung dalam Darussallam Pos. Dimana para santri diajarkan untuk membuat publikasi akan suatu kegiatan. Kemudian berita ini akan dimuat di papan depan kantor setiap satu pekan 2 kali. Alumni dari kegiatan ini sudah banyak yang menjadi wartawan ataupun penulis seperti pemimpin kompasiana @isjet dll

13. Pementasan seni : Pementasan seni adalah penutup dari rentetan pekan perkenalan di Gontor. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan gambaran secara umum kegiatan di gontor serta menunjukkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh santri-santri gontor. Kegiatan ini hanya diikuti oleh santri kelas 5 dan 6 Kulliyatul Mu’allmiinal Islamiyyah (setara dengan kelas 2 dan 3 Sekolah Menegah Atas). Selain beberapa tujuan di atas, kegiatan ini pada akhirnya akan memotivasi kepada santri-santri dari kelas 1 sampai 4 KMI agar dapat mengikuti segala kegiatan yang ada di gontor dengan baik dan selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik diantara yang terbaik.
Jadi masih ragu untuk nyantri di Gontor? (Sumber)

Sedangkan dari situs gontor.co.id info lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

Kegiatan Ekstrakulikuler

  1. Jam’iyyatu-l-Qurra‘ dan Tahfidz Al-Quran
  2. Diskusi dan Kajian ilmiah
  3. Pelatihan Organisasi
  4. Gerakan Pramuka, termasuk di dalamnya Marching Band
  5. Program peningkatan Bahasa, diantaranya;
    • Penyampaian kosa kata Bahasa Arab dan Inggris setiap pagi.
    • Percakapan berbahasa Arab maupun Inggris, dua kali sepekan, pada hari Selasa dan Jumat.
    • Perlombaan pidato, drama dan cerdas cermat dalam bahasa Arab dan Inggris.
  6. Public Speaking dengan menggunakan tiga bahasa, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris.
  7. Perkemahan, diadakan setiap minggu secara bergiliran, berlokasi di desa-desa binaan Pondok Modern Gontor.
  8. Kursus-Kursus Ketrampilan dan kesenian, di antaranya:
    • Kursus Kaligrafi
    • Kursus Melukis
    • Kursus Mengetik
    • Kursus Komputer
    • Kursus Elektronika
    • Kursus Membuat Sirup and Roti
  9. Olahraga, meliputi :
    • Lari pagi
    • Sepak bola
    • Bola basket
    • Bola takraw
    • Tenis meja
    • Bulu tangkis
    • Bola voli
    • Bela diri
    • Senam
    • Futsal
  10. Penerbitan buletin dan majalah dinding
  11. Pementasan Seni, ditampilkan oleh kelas lima dan kelas enam dalam rangka pekan perkenalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon matikan adblock Anda, karena untuk maintenance web ini kami hanya mendapat dari iklan